Thursday, February 23, 2012

Hiriko, Mobil Anti Macet Dan Krisis Lahan Parkir

Jalan perkotaan yang kian padat dan lahan parkir yang kian sempit di kota-kota besar ternyata mendapat perhatian khusus perusahaan teknologi di Basque, Spanyol.



Perusahaan asal negeri Matador itu berinovasi dengan mengembangkan mobil lipat bertenaga listrik yang dijuluki Hiriko. Hiriko sendiri berarti urban dalam bahasa Basque.

Bagaimana cara melipatnya? Mobil bisa dilipat seperti halnya melipat kereta dorong bayi. Sasis mobil akan bengkok seperti kereta bayi. Mobil itu sudah dipamerkan ke hadapan Komisi Eropa di markasnya di Brussel akhir Januari lalu.




Mobil tersebut cukup kecil, panjangnya hanya 2,5 meter, dan tidak memiliki pintu samping. Jadi untuk masuk ke kabin penumpang, Anda bisa lewat jendela depan dengan melangkahi dashboard mobil.

Dengan bodi yang tidak terlampau besar, Hiriko disebut-sebut sebagai mobil anti macet dan krisis lahan parkir serta mobil ramah lingkungan, sebab digerakkan oleh tenaga listrik.
Hiriko menggunakan 4 motor yang dikimpoikan dengan lithium-ion. 1 mobil listrik menggerakan 1 roda secara independen. Meski kecil mobil yang hanya bisa menampng 2 penumpang ini sanggup menjangkau jarak tempuh 120 kilometer dengan satu kali pengisian penuh baterai. Sementara kecepatan maksimalnya mencapai 90 km/am.

Desainer dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Boston, Amerika Serikat yang juga bekerjasama dengan perusahaan teknologi di Basque, Spanyol mengatakan Hiriko adalah cikal bakal mobil perkotaan yang memiliki banyak keunggulan.

Beberapa pemerintahan sudah berniat untuk membeli mobil tersebut, di antaranya Berlin, Barcelona, San Francisco, Hong Kong. Selain itu Paris, London, Boston, Dubai dan Brussel juga tertarik.

Kabarnya mobil mobil tersebut diproduksi pada 2013, dan mulai dijual di Eropa dengan banderolan 12.500 euro atau sekitar Rp 148 juta. 


0 comments: