Saturday, October 15, 2011

Fakta Tentang Batik



Batik sudah diresmikan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. sejak itu pula lah, tiap hari Jumat masyarakat Indonesia mengenakan baju batik. Bulan Oktober ini, tepatnya tanggal 2 Oktober, memang diperingati sebagai hari batik. Ya, saya tau kalo saya agak telat mengangkat isu batik ini jadi postingan. Tapi, lebih baik telat dari pada tidak sama sekali, bukan? Ada beberapa fakta penting tentang batik yang harus diketahui khalayak ramai. Mengapa penting? Karena ini kan warisan budaya. Kalo suatu saat orang bule bertanya kita dan kita tidak tau apa-apa, apa kata dunia?? Yuk simak fakta tentang batik berikut ini.
  1. Batik adalah satu seni yang tidak ternilai. Mengapa bisa mahal? Karena proses membatiklah yang dihargai di sini.
  2. Batik itu tidak hanya dikerjakan oleh para pekerja wanita yang melukis lilin di atas kain. Selembar kain batik malah bisa dikerjakan sampai 5 orang, termasuk para pembuat pola di kertas, pembatik, pemberi warna hingga penglorod (peluruhan malam di air mendidih).
  3. Sehelai kain batik berukuran 2.5 meter bisa menghabiskan waktu pembuatan sampai 3 bulan. Tingkat kesulitan yang tinggi juga merupakan salah satu hal yang memperlama proses pembuatan.
  4. Butuh lebih dari sekedar kesabarab, ketelitian, dan cita rasa yang tinggi dalam menciptakan selembar kain batik. Jadi, jangan pernah remehkan kain batik yang mungkin motifnya kurang bagus di mata anda.
  5. Kain batik berkualitas tinggi bisa dihargai sekitar Rp 3 juta untuk ukuran 2.5 meter dan harga Rp 15 juta untuk kain batik berukuran sama yang dilukis di atas kain sutra.
  6. Warna kain batik diciptakan dari bahan alami seperti kayu tingi, secang, mahoni, jambal, tegeran, dan atau jelawe.
  7. Upah para pembatik tidak pernah setara dengan batik yang terjual. Upah mereka biasanya berkisar antara Rp 7.000 sampai RP 25.000 per hari tergantung pada kemampuan membatik mereka.
  8. Batik yang sudah jadi biasanya akan dibeli pengepul dengan harga sekitar Rp 300.000. setela itu, sang pengepul akan menjualna kembali dengan harga minimal Rp 600.000 sampai Rp 1 juta.
Wow. Apa anda masih mengagumi warisan kita yang satu ini? Saya masih, dan akan terus cinta batik.


sumber : blogdetik

0 comments: