Thursday, September 22, 2011

Philipina, Negara Terbaik untuk Wanita



Adakah negara di Asia yang terbaik untuk di dijadikan tempat menetap oleh perempuan? Pasti ada, dan tidak perlu jauh-jauh ke Jepang atau ke China. Philipina negara tetangga, adalah tempat yang terbaik bagi perempuan di kawasan Asia untuk menetap. Hal ini dikemukakan oleh survei yang dilakukan oleh Newsweek dan Daily Beast. Dalam daftar secara keseluruhan Philipina berada di posisi 17, yang pertama adalah Islandia, namun untuk benua Asia, Philipina berada di posisi pertama, mengalahkan negara dengan perekonomian maju seperti Jepang.

Philipina dinilai memiliki skor tertinggi dalam tiga faktor penting, yaitu pendidikan perempuan, pemberdayaan politik dan pemberdayaan perekonomian. Survei Newsweek/Daily Beast menganalisis banyak indikator dari 165 negara yang disurvei untuk menentukan negara mana yang menawarkan wanita hak yang paling luas dan kualitas terbaik dari kehidupan. Hasil survei menunjukkan negara Islandia menduduki peringkat pertama, diikuti oleh Swedia, kemudian Kanada di posisi ketiga. Amerika Serikat berada di posisi ke-8, berikutnya negara-negara Eropa berada dalam 20 besar, kecuali Philipina.

Menurut interaksyon.com, perempuan Philipina dianggap relatif lebih diberdayakan dibandingkan rekan-rekan mereka di Belgia (18) dan Inggris (19). China berada di posisi 23 dan Singapura di posisi 37 dan Vietnam berada di posisi 45 adalah negara Asia lain yang masuk ke dalam posisi ke Top 50.

Untuk mengukur kemajuan perempuan, Newsweek melihat lima wilayah yang memengaruhi kehidupan perempuan, yaitu pengobatan, partisipasi tenaga kerja, kekuasaan politik, akses ke pendidikan dan akses perawatan kesehatan. Pada skala 1 sampai 100, Philipina mendapat nilai dari 88,4 dalam hal keadilan, 92,2 dalam bidang pendidikan, 89,1 dalam bidang ekonomi, dan 85,6 di politik. Philipina memperoleh skor terendah di bidang kesehatan, yaitu 57.

Di Mana Indonesia?

Seperti disebutkan di atas, hanya Philipina, China, Singapura dan Vietnam negara-negara Asia yang berada di posisi Top 50. Lalu di mana Indonesia?

Indonesia berada di posisi yang cukup jauh bila dibandingkan dengan Philipina, yaitu posisi 83 dengan skor total 68,9 dari 100. Indonesia memperoleh skor 67,5 dalam bidang keadilan, 61,9 dalam bidang kesehatan, 87,5 dalam bidang pendidikan, 78,5 dalam bidang ekonomi dan 53 dalam bidang politik. Bila kita bandingkan dengan Philipina, jelas sekali skor per bidang tersebut kalah dari Philipina. Tentunya Indonesia bisa berbangga karena lebih baik dibandingkan dengan Brazil yang berada di posisi 84, Kamboja yang berada di posisi 85, dan Jepang yang berada di posisi 87.

Ini artinya negara Indonesia relatif kurang baik sebagai tempat tinggal bagi kaum perempuan dibandingkan dengan negara-negara lain yang posisinya berada di atas Indonesia.

sumber: Newsweek, Daily Beast, interaksyon.com

0 comments: